Kamis, 21 April 2016

Gembira Loka Zoo

Pelesir ke Jogja bersama keluarga, jangan lupa mampir ke kebun binatang Gembira Loka yang asri, luas dan penuh dengan fasilitas untuk menggembiarakan anak.
Pada awalnya kebun binatang ini dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas pada masa Kesultanan Hamengkubuono ke IX. Namun saat ini, setiap tahunnya selalu ada tambahan penghuni baru terbukti dengan binatang gajah yang melahirkan anaknya beberapa kali dan juga Komodo yang telah menetaskan telurnya.
Lembaga Konservasi  atau Kebun Binatang Gembira Loka berjarak sekitar empat kilometer dari Terminal Penumpang Yogyakarta (TPY) di Giwangan, Kota Yogyakarta. Atau, jika dari pusat kota, yakni kawasan Malioboro atau Keraton Yogyakarta, berjarak sekitar enam kilometer.
Kebun Binatang Gembira Loka memiliki lebih dari 100 spesies satwa dan 61 spesies flora. Keunikan Gembira Loka Zoo adalah selain pengunjung menikmati koleksi hewan yang unik dan beragam, pengunjung juga bisa menikmati berbagai fasilitas Rekreasi yang lengkap dengan harga yang relatif terjangkau. Sarana rekreasi di kebun binatang ini berlatar belakang outdoor sehingga para pengunjung bisa sekaligus menikmati kesegaran udara dari koleksi pepohonan di Arboretum (hutan kota) Gembira Loka.
Selain memperluas pengetahuan tentang flora dan fauna, di Gembira Loka anak-anak juga dapat bersuka ria dengan berbagai wahana permainan, taman bermain sampai berkeliling kebun binatang naik gajah atau unta pun bisa jadi pilihan!
ATRAKSI Gelar Satwa Terampil & Feeding Time
Gelar Satwa Terampil merupakan pertunjukan Satwa yang ada di Gembira Loka Zoo. Satwa yang ditampilkan pada pertunjukan diantaranya adalah burung Kakak Tua Jambul Kuning, Linsang, Beruang Madu, Burung Kangkareng serta Orang Utan.
Pengunjung yang ingin menyaksikan Gelar Satwa Terampil ini sudah tidak dipungut biaya lagi alias Gratis.

Untuk Jadwal pertunjukan Gelar Satwa Terampil:
Hari Senin-Jumat :  pukul 11.00, dan 13.00 WIB
Hari Sabtu : pukul 11.00, 12.00, 13,00, 14.00 WIB
Hari Minggu/Libur Nasional : pukul 10.00,11.00, 12.00, 13.00, 14.00, 15.00 WIB
Atraksi Gajah adalah Setiap Hari Minggu/Hari libur Nasional dimulai puku; 10.00 WIB
JADWAL FEEDING TIME:
Setiap hari (Senin sampai Minggu):
  • feeding time Simpanse dimulai pukul 10.30 WIB
  • feeding time Arapaimaa dimulai pukul 11.00 WIB
  • feeding time Ular dimulai pukul 11.30 WIB
  • Feeding time pucuk hitam, pukul 10.00 WIB dan 13.00 WIB
Setiap Hari Minggu/Hari libur Nasional:
  • feeding time Harimau dimulai pukul 12.00 WIB
  • Atraksi Gajah dimulai pukul 10.00 WIB
HARGA TIKET Gembira Loka Zoo:
Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo (Mulai 1 Maret 2014):
Senin - Jumat : Rp.20.000,-
Sabtu - Minggu/Libur : Rp.25.000,-
Harga Tiket Berlaku untuk usia 3 tahun ke atas (dibawah 3 tahun GRATIS)
Diskon tiket masuk jika beserta rombongan > 25 orang
Khusus untuk musim libur nasional seperti Libur Lebaran atau Libur Tahun Baru, harga tiket Gembira Loka Zoo akan mengalami kenaikan untuk periode tertentu (sementara).

Info lebih lanjut tentang Harga Tiket bisa menghubungi Marketing Gembira Loka Zoo di nomor 0274-373861
JAM BUKA
Hari Minggu atau Libur pukul 08.00 - 19.30 WIB
Hari Senin-Sabtu pukul 08.00 - 17.30 WIB
Menuju ke Gembira Loka Zoo dengan Angkutan Umum:
Bis kota dari terminal induk yang melewati Gembira Loka yaitu KOPATA nomor 4-7 dan 9. Sedangkan KOPATA ke terminal induk adalah bis nomor 7 dan 4. Untuk bis KOBUTRI, kita bisa menggunakan bis nomor 17. Selain itu, ada jenis transportasi lainnya yang bisa mencapai tempat itu. Yakni becak dan andong.
KOLEKSI BINATANG di Gembira Loka Zoo:
REPTILES & AMPHIBIAN PARK
Salah satu keistimewaan Gembira Loka adalah adanya wahana REPTILES AND AMPHIBIAN PARK . Tempatnya bersih dan modern karena reptil dan hewan amfibi diberi kandang yang nyaman dan diberi sekat kaca, jadi kita dapat bebas melihat gerak gerik hewan.
Di Taman Reptil dan Amfibi ini juga ada Zona Interaksi, dimana anak-anak dapat bermain dan berfoto dengan kura-kura darat yang dibebaskan berjalan-jalan.
Ada juga zona interaksi bagi anak-anak yang pemberani untuk berfoto dengan ular besar namun jinak seperti Ular Phyton Albino yang panjangnya 2 meter. Berfoto dengan Iguana jumbo atau Kura-Kura juga bisa jadi piliham. Berfoto sepuasnya di Zona Interaktif ini semuanya GRATIS!
Koleksi Reptile di Gembira Loka Zoo antara lain:
Biawak Pohon Biru, Kura-kura Aldabra, Biawak Pohon Hijau, Kura-kura Kepala Chery, Biawak Bekari/ Biawak Pohon Hitam, Biawak Bengalis, Biawak Komodo, Biawak Tegu Chameleon, Kadal Lidah Biru, Kadal Pensil, dan Kura-kura Indiana Star.
Koleksi AMFIBIA di Gembira Loka Zoo:
Katak Bibir Putih - Katak Badut- Katak Budgett- Katak Pesek - Katak Tomat - Salamander Axolotl
TAMAN BURUNG atau BIRD PARK
Selain Reptiles & Amphibian Park, Taman Burung atau Bird Park juga merupakan wahana terbaru yang ada di Gembira Loka Zoo. Di dalam taman burung terbaru ini setidaknya ada 50 jenis burung dan lebih dari 300 ekor satwa yang menjadi penghuni.
Untuk mendukung keunikan Bird Park, manajemen kebun binatang telah bekerja sama dengan Singapore Zoo untuk mendatangkan penguin Afrika yang biasa disebut Jackass Penguin. Jackass Penguin ini adalah jenis Penguin yang beradaptasi pada suhu 18-20 derajat Celsius dan saat ini jumlahnya ada enam ekor di Gembira Loka: dua berkelamin jantan dan empat betina.
Kandang penguin Jackass telah disiapkan di sisi utara yang telah dilengkapi air conditioner (AC), filter air, pompa air khusus, serta alat pengecekan keasaman air secara rutin. Makanan penguin pun didatangkan dari Amerika yaitu berupa ikan Capelin, Hearing, Macarel, dan Smelt.
Selain Jackass Penguin, pengunjung juga dapat menikmati koleksi Bird Park yang terbagi dalam sembilan area, yakni Burung Hantu, Elang Bondol, Elang Brontok, Macau Merah, Julang Emas, Kakatua Jambul Kuning, Macau Biru Emas, Nuri Abu-abu Afrika, Pinguin Jackass / Pinguin Afrika
MAMALIA
Ciri utama kelas ini menpunyai puting susu, yang betina menyusui anaknya. Beberapa diantaranya hidup diatas tanah,pepohonan, dan ada yang bisa terbang. Biasanya tubuhnya tertutup mantel rambut, sedang yang hidup di dalam air; sebagai contohnya dugong,tubuhnya hanya ditumbuhi beberapa helai rambut. Berkembang biak melalui proses beranak.
Koleksi MAMALIA di Gembira Loka Zoo:
Orangutan Kalimantan- Harimau Sumatera - Gajah Sumatera - Banteng Bekantan - Beruang Madu - Harimau Putih - KapibaraKijang - Binturong - Kuda Nil - Landak Jawa- Lemur Ekor Cincin - Macan Dahan - Linsang/Berang-berang - Tapir Asia - Unta Punuk Satu - Rusa Timor - Rusa Tutul - Simpanse - Zebra- Wallaby - Tapir Brazil

 
PISCES
Pices merupakan hewan berdarah dingin yang hidup di air, baik perairan tawar maupun air asin (laut). Pisces menghabisakan seluruh hidupnya di dalam air karena mereka bernafas menggunakan insang.
Koleksi Ikan atau PISCES di Gembira Loka Zoo: Belida - Ikan Macan - Jengishkan - Piranha - Tomang
Sarana Rekreasi di Gembira Loka Zoo:
Perahu Katamaran
Perahu KATAMARAN dengan kapasitas 40 orang penumpang dan dengan harga tiket Rp.10.000/orang,jika anda membeli paket hemat KATAMARAN di loket pintu masuk, maka harganya lebih murah, menjadi Rp.5.000/orang Perahu KATAMARAN  menjadi primadona pengunjung di Gembira Loka Zoo, Karena dengan menaiki Perahu Katamaran ini anda dapat mengelilingi Danau buatan dan Bangunan Mayang Tirta yang berbentuk seperti Kapal Besar.
Speed Boat
Satu-satunya speedboat yang melaju di tengah kota Yogyakarta, tidak perlu jauh ke laut lepas kalau hanya ingin merasakan sensasi berkendara dengan kapal cepat ini. Cukup dengan membayar Rp 20.000/ orang
Bumper Boat
Wahana Bumper Boat merupakan salah satu wahana air yang ada di Gembira Loka Zoo. Dengan harga tiket Rp.20.000/perahu dengan kapasitas dua orang anda bisa menikmati sensasi berputar-putar mengelilingi kolam dengan  Bumper boat.
Kolam Sentuh
Menyentuh beragam jenis ikan dan aneka satwa aquatik lainnya yang menjadi koleksi Gembira Loka Zoo. Untuk wahana ini tidak dikenakan biaya alias free bagi seluruh pengunjung.
Gajah Tunggang
Merasakan bagaimana menaiki mamalia terbesar di daratan, berjalan pelan mengelilingi arena cukup dengan biaya Rp 10.000,-
Onta Tunggang
Apakah anda Ingin Menunggangi Onta Seperti di Negara Timur Tengah,,??
Gak perlu jauh" ke Arab , di Gembira Loka Zoo Juga ada Onta yang dapat di Tunggangi, Hanya dengan membayar 10rb saja anda sudah bisa menikmati Serunya Sensasi Menunggangi Onta dan tentunya didampingi oleh sang Pawang
Kolam Tangkap
Wahana Kolam Tangkap ini dikhususkan untuk anak-anak usia balita sampai dengan 10 tahun, karena di wahana ini ada kolam yang kedalamannya cuma 30cm  yang berisi ikan-ikan kecil untuk ditangkap anak-anak, dan ikan hasil tangkapan anak-anak tersebut boleh di bawa pulang untuk dipelihara, sedangkan untuk yang tidak berhasil menangkap ikan, petugas penjaga kolam tangkap sudah menyediakan bungkusan ikan-ikan untuk dibawa pulang . Untuk tarif bermain di wahana Kolam Tangkap ini hanya dikenakan biaya Rp.10.000,-/anak.
Terapi Ikan
Terapi ikan, Anda mengenalnya kan? Terapi yang tengah menjadi tren di sejumlah negara termasuk Indonesia, kini ada di Gembira Loka Zoo. Terapi ikan ini melibatkan ikan kecil untuk menggigit sel-sel kulit mati. Pengunjung cukup mencelupkan kaki mereka ke kolam dangkal penuh dengan ratusan ikan kecil Garra Rufa, kemudian membiarkan sang ikan 'bekerja' menggigiti lapisan kulit mati Anda tanpa rasa sakit . Dengan tarif Rp.20.000 Anda sudah bisa terapi dan ikan-ikan tersebut akan memberikan sensasi menggelitik, hingga menimbulkan rasa senang yang bisa mengenyahkan stres sesaat sambil menikmati atmosfer disekitar kolam terapi yang menenangkan.Ditambah lagi hisapan-hisapan Dr. Fish (begitu ikan-ikan ini diberi nama) ini bisa memberikan micromassage di kulit bagian atas.
Perahu Kayuh
Wahana air Perahu Kayuh ini sudah ada sejak lama, dan menjadi salah satu wahana banyak dipilih oleh pengunjung yang datang ke Gembira loka Zoo, karena kapasitasnya yang cukup untuk memuat dua orang dewasa dan satu anak kecil serta harganya yang terjangkau yaitu cukup dengan membayar Rp.15.000/perahu, anda sudah bisa mengelilingi sekitar kolam dengan menggunakan Perahu kayuh yang berbentuk angsa ini
Banana Boat Orca
Di Gembira Loka Zoo ada wahana air yang cukup menantang bagi anda yang suka dengan wahana yang ekstrim, yaitu ada  Banana Boat Orca.
Banana Boat disini begitu unik karena ditarik menggunakan Speed Boat dengan kecepatan tinggi memutari Kolam buatan, sensasinya pun berbeda dengan Banana Boat lainnya yang hanya beroperasi di laut .
Untuk bisa menikmati sensasi serunya Banana Boat Orca ini, anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.20.000,-/orang.
Skuter Air
Wahana Air yang satu ini memang mirip seperti Jet Sky yang ada di laut, Bedanya Skuter Air ini di operasikan di Kolam  Buatan yang ada di Gembira Loka Zoo, Wahana ini aman untuk di naiki oleh anak kecil karena hanya dengan memegang handle gas yang ada di sebelah kanan, Skuter Air ini akan jalan dengan sendirinya, tentunya harus menggunakan baju pelampung sebelum menaiki wahana ini. Tarif untuk berkeliling kolam menggunakan Skuter Air ini adalah Rp.20.000/ perahu.
TARING
Kini di Gembira Loka Zoo tellah hadir TARING (Transportasi Keliling) yang akan membantu pengunjung menuju ke tempat-tempat menarik yang ingin dikunjungi.
Tersedia dua pilihan tiket bagi pengunjung, yaitu tiket MULTI SETOP KATARING (KATAMARAN & TARING) serta tiket SATU SETOP (TARING)
ATV
Wahana ATV ada juga di Gembira Loka Zoo, rasakan serunya mengendarai Motor beroda empat ini. Hanya dengan tarif Rp.20.000/motor, Anda bisa menikmati asyiknya mengendarai ATV mengelilingi sirkuit tanah yang berkelok-kelok. 
TIPS Nyaman ke Gembira Loka Zoo:

What to bring:
makanan kecil, minuman (air putih) yang cukup banyak, Stroller, topi, kamera, payung, jas hujan, baju ganti (atasan, bawahan & pakaian dalam), kacang untuk memberi makan gajah

What to wear
: pakaian yang tidak panas, alas kaki yang nyaman, topi, kacamata hitam,
Catatan:
  • Jangan memberi makanan ke hewan secara sembarangan. Tanyakan dulu kepada para penjaga apakah makanan yang kita bawa (misalnya kacang, wortel) boleh diberikan kepada para hewan.
  • Khusus hari Minggu jam 10.00 WIB kita bisa membeli  susu sapi asli di depan Laboratorium Alam Gembira Loka  dengan Rp. 2.500,- saja. Enak, Murah & Sehat.
  • Berjalan mengeliling setengah area Gembira Loka lumayan bikin kita berkeringat, jadi selalu siap minuman air putih di tas terutama utk anak-anak.
  • Mengingat luas Gembira Loka Zoo mencapai 20 hektar, maka ada baiknya untuk tidak lupa membawa Stroller bila pergi bersama Balita. Saat ini jalan-jalan di Gembira Loka Zoo sudah diperbaiki dan sudah tidak berundak-undak seperti sebelumnya, sehingga sangat nyaman untuk membawa Stroller.
  •  Bila merasa lelah berjalan mengelilingi kebun binatang,  pengunjung dapat menggunakan fasilitas Bus khusus yang disediakan oleh pihak Gembira Loka Zoo atau menyeberang dengan perahu getek .
  • Agar bisa lebih menikmati suasana asri saat berkunjung ke Gembira Loka Zoo maka kami sarankan untuk tidak datang pada peak season seperti akhir pekan atau pada musim liburan sekolah (lebaran atau tahun baru).
Nah, bagaimana? Gembira Loka Zoo menarik sekali bukan untuk rekreasi bersama anak-anak. Tidak hanya mengenal lebih dekat berbagai macam hewan tetapi anak-anak juga bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga dengan sarana rekreasi yang seru.
Jadi mulai sekarang, kalau lagi pelesir ke Jogja, jangan lupa mampir ke kebun binatang dan kebun raya Gembira Loka ya...Dengan harga tiket yang sepadan, kita akan menemukan kebun binatang dengan suasana yg asri, udara sejuk, kandang yang bagus, bersih, tidak bau, permainan yang bervariasi, zona interaksi, sirkus gratis dan tempat-tempat foto menarik sebagai kenangan indah bagi buah hati tercinta saat berlibur ke kota Yogyakarta.
Sumber tulisan:
GembiraLokaZoo.com
www.tempo.co
LiburanAnak.com

HARGA TIKET PERMAINAN :
Skuter Air         Rp.25.000,-./skuter  (buka setiap hari kecuali hari Jumat. Kecepatan maksimum 15-20 km/jam)
Bumper Boat     Rp.15.000,-/boat
Shark Boat        Rp.20.000,-/boat
Perahu Kayuh    Rp.5.000,-/perahu  (hanya utk anak-anak dgn berat dibawah 40 kg)
Becak Air          Rp.15.000,-/becak  ( bisa dinaiki oleh 2 orang dewasa & 1 anak-anak) 
Perahu Motor     Rp.5.000,-/orang  (jumlah penumpang maksimum 20 orang dan mengelilingi Mayang Tirta)         
Flying Fox          Rp.35.000,-/anak  (sudah termasuk Marine Bridge & Tangga Kayu)
Kolam Tangkap  Rp.10.000,-/anak   (anak2 diberi waktu 10 menit utk tangkap ikan yg bisa dibawa pulang)
Fish Spa            Rp.20.000,-/orang selama 15 menit  (spa kaki dengan ikan Garrarufa)

Alamat Kebun Binatang & Kebun Raya Gembira Loka:
Jl. Kebun Raya no. 2
Yogyakarta.
Telp: +62 274 373861
Fax: +62 274 384666
Email: info@gembiraloka.co.id
Facebook : Gembiraloka

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html